Forum Konsultasi Publik, Pemerintah Harapkan Kebenaran Data Penduduk Valid

  • May 16, 2023
  • Sucen

Cenang, (cenang.desa.id) - Melalui Forum konsultasi Publik data hasil Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) mendapatkan data yang valid. data berdasar nilai sosial ekonomi ini akan dijadikan data rujukan dalam mengambil kebijakan pembangunan kedepan. oleh karenanya Badan Pusat Statistik melaksanakan Kegiatan Forum Konsultasi Publik. bertempat di Balai Desa Cenang Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes, pada senin-kamis (15-19/05).

Mohamad Nordin selaku Fasilitator Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Brebes menjelaskan bahwa kami perlu mengklarifikasi data hasil Regsosek. apa benar si A secara nilai berkode 1 atau sangat miskin. ada indikator tingkat sosial ekonomi penduduk yang dinilai dengan poin 1 sampai dengan 4. terang Nordin

dijelaskan indikator kode 1 = sangat miskin, 2 = miskin, 3 = rentan miskin dan 4 = tidak miskin. para pengurus RT, RW dan Tokoh Masyarakat bertugas memastikan data tersebut benar adanya sesuai atau tidak sesuai agar dikoreksi bersama.

sementara itu Junedi selaku Kepala Desa Cenang mengatakan kegiatan Forum Konsultasi Publik merupakan penentuan nilai bagi warga Desa Cenang Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes secara sosial ekonomi.

" monggo data warga panjenengan dipriksani dan diteliti lalu disesuaikan dengan kondisi sosial saat ini." kata Kades Junedi

penilaian ada di panjenengan selaku kepala wilayah, menurut Kades Junedi para ketua RT, RW pasti tahu kondisi sosial ekonomi warganya. jangan karena suka tidak suka lalu memberikan data yang salah. pungkasnya

dalam pelaksanaan verifikasi data para ketua RT, RW perlu didampingi selain belum paham betul, para ketua RT, RW didominasi para orang tua sehingga perlu ketelitian dalam mendampingi dan memberikan arahan. bagi ketua RT, RW yang muda tidak menemui hambatan.

Para ketua RT, RW di undang secara bertahap sampai diperoleh data hasil verifikasi dalam Forum Konsultasi Publik dianggap selesai satu desa.