P3PD Gelombang I, Pemdes Cenang Hadir Lengkap

  • Aug 22, 2024
  • Sucen

Semarang, (cenang.desa.id) - Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa dimulai, Pemdes Cenang mendapat giliran pertama hadiri kegiatan P3PD di Hotel Oak Tree Emerald Semarang pada, (21-24/08/2024).

Kegiatan Pelatihan digawangi oleh Kemendagri sebagai upaya dalam meningkatkan Kapasitas Aparatur Desa dan Lembaga di Desa.

Dihadiri oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa, Ketua BPD dan PKK se Jawa Tengah berlangsung selama empat hari. Gelombang I ada 24 Kelas yang tersebar di 14 Hotel di Semarang. Melibatkan 1.920 peserta. Se Jawa Tengah.

P3PD juga dilaksanakan di 32 Provinsi lainnya secara serentak.

Pembukaan kegiatan P3PD dibuka secara daring oleh Kementrian Dalam Negeri melalui staf ahli Dirjen Bina Pemerintahan Desa Dr. Drs. La Ode  Ahmad Pidana Bolombo, AP.,M.Si pada Kamis, (22/08/2024) diikuti semua peserta dengan pemanfaatan media teknologi virtual.

Kegiatan ini bertujuan sebagai langkah Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan lembaga Desa dalam melaksanakan roda Pemerintahan di Desa.

Mendorong perbaikan tata kelola pembangunan di Desa, Perbaikan dan Penguatan Sistem Pemerintahan Desa dan Peningkatan Sistem tata Keuangan Desa.

Desa dalam menyongsong era keterbukaan informasi publik serta akuntabilitas Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Desa dituntut mampu mengaplikasikan setiap kegiatan dan tata kelola anggaran dengan baik.

Disamping itu, upaya preventif pencegahan tindak pidana korupsi. Kegiatan P3PD ini juga diharapkan para Kepala Desa, Sekretaris Desa, Ketua BPD serta PKK bisa berperan aktif dalam hal pengetahuan akan aturan dan regulasi setiap anggaran agar jangan sampai para Kades tersandung hukum akibat tidak paham aturan.

Harapanya kegiatan P3PD mampu memperkuat sistem tata kelola Pemerintahan Desa dalam rangka menibgkatkan Pelayanan kepada Masyarakat.

Adapun Narasumber yang di hadirkan yakni dari Kesbangpol, Polri, Kejaksaan, P3MD.