Ikatan Cenang Bersatu Gelar Silaturahmi Akbar di Kampung Halaman

  • Apr 25, 2023
  • Sucen

Cenang, (cenang.desa.id) - ICB Gelar Silaturahim Akbar. Acara dilaksanakan sebagai wujud eksistensi komunitas warga rantau, khususnya warga Desa Cenang Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes. 

Acara digelar di halaman rumah Faris Sulkhaq warga Cenang Rt.01 Rw.02 pada, senin, (25/04/2023)

Rakudi selaku ketua umum ICB mengatakan dalam sambutannya acara hari ini dilaksanakan sebagai ajang silaturahim.

" Mohon dukungan dan doanya kepada semua pihak agar komunitas ICB bisa bermanfaat bagi warga Cenang. " kata Rakudi

Dedikasi komunitas ICB bergerak dibidang sosial, adapun kegiatan ICB adalah santunan kematian dan santunan anak yatim piatu. Imbuhnya

Semantara itu Wito salah satu anggota ICB turut memperkenalkan gerakan sosial ikatan cenang bersatu, serta mengajak seluruh perantau dimana saja berada untuk merapat bersatu.

" Silaturahmi akbar diinisiasi agar ICB lebih semangat lagi kedepannya. " kata Wito saat memberikan sambutan

Pada saat yang sama Radi selaku bendahara menyampaikan hasil pengumpulan donasi para perantau yang tergabung dalam komunitas ICB. setahun terakhir sebanyak 40 juta dan sudah disalurkan untuk kegiatan santunan bagi warga cenang yang meninggal dunia dan santunan anak yatim piatu sebesar 21 juta.

Santunan diberikan bagi warga desa cenang yang mengalami musibah kematian salah satu anggota keluarganya.

Junedi selaku Kepala Desa Cenang turut mengapresiasi kegiatan ICB, dirinya mengaku salut dan berterima kasih di desanya sudah ada organisasi yang bergerak dibidang sosial.

Tidak hanya itu apresiasi juga mengalir dari komunitas serupa Ikatan Perantau Wijahan Imam Sapii selaku ketua IPW ikut memberikan motivasi agar ICB lebih baik lagi.

Menurut Imam Sapii ICB luar biasa sesuai yel yelnya " ICB luar biasa " 

" kedepan jika diperlukan kami siap mendampingi, agar ICB mempunyai legalitas hukum sehingga ICB bisa masuk dalam wadah yang lebih besar lagi." terang ketua IPW Sapii

Untuk menghindari konflik internal organisasi, perlu kiranya dibuat AD/ART. ini dimaksudkan agar apa apa yang disepakati bisa dituangkan disana. Kemudian kesepakatan tersebut dijadikan landasan diaetiap ada persoalan. Pungkasnya

Diisi penceramah kondang dari putra cenang Rosid, S.S dalam ceramahnya mengulik betapa mulianya orang yang memualiakan anak yatim piatu.

" Jika anda ingin susah maka makanlah harta anak yatim 1000 saja niscaya anak keturunan anda akan mengalami musibah. sebaliknya jika anda memuliakan anak yatim piatu. Maka, kelak anda akan masuk surga dan bersanding dengan Rasululloh SAW." ujar Ustad Rosid

Hal yang paling menarik dari ICB adalah mereka mampu mengelola keuangan dan memilahnya. Acara pada malam hari ini, apa yang disuguhkan untuk tamu undangan anggarannya bukan diambil dari dana donasi melainkan hasil iuran pengurus dan anggota ICB. Salut. Imbuh Ustad Rosid

Masih kata Rosid, waspada bagi para perantau bahwa kalau mau bepergian merantau, pesan Ustad Rosid. bacalah surat al-jin sebelum berangkat ke jakarta atau kemanapun. Ini dimaksudkan agar keluarga yang ditinggal terhindar dari hal hal yang tidak kita ketahui.

Diceritakan Ustad Rosid, bahwa ada seorang perantau yang sedianya pamit berangkat keluar kota namun beberapa selang waktu orang tersebut kembali lagi kerumah. Seperti biasa keluarga, terutama istri tidak merasakan kejanggalan. Si istri mempercayai bahwa yang barusan kembali adalah suaminya. Singkat cerita keesokan harinya si suami memberi kabar via telpon bahwasanya dia baru sampai di tempat ia merantau. Maka sontak si istri kaget, bukanya Bapak semalam pulang? Tanya si istri. Akhirnya terjadi percekcokan. Setelahnya keluarga ini sepakat menanyakan apa yang mereka alami kepada orang ahli rukiyah.

Benar saja bahwa ternyata keluarga tersebut pernah didatangi jin dengan menyerupai wajah suami. Alhasil keluarga tersebut dirukiyah dan bisa disembuhkan dari gangguan jin lewat metode rukiyah aswaja.

Kejadian seperti diatas benar adanya kata Ustad Rosid. Untuk itu untuk membentenginya bacalah surat al-jin. Tutu Ustad Rosid