Kader Pembangunan Manusia, Aplikasi eHDW Masih Bermasalah

  • Aug 31, 2023
  • Sucen

Cenang(cenang.desa.id) - Kader Pembangunan Manusia (KPM) merupakan kader pembangunan yang mengoperasikan aplikasi eHDW.

Human Depelovment Worker adalah aplikasi yang dikelola oleh Direktorat Pelayanan Sosial Dasar, Ditjen PPMD Kementrian Desa PDTT. Aplikasi ini berbasis seluler android sebagai alat bantu kerja Kader Pembangunan Manusia (KPM).

Sihit Nurtanto selaku Koordinator Tenaga Pendamping Propfesional Pendamping Desa (TPP.PD) menyampaikan persoalan yang dihadapai para KPM, aplikasi masih sering eror.

" kendala yang dihadapi aplikasi sering eror. " kata Sihit

Menurut Sihit, kedepan aplikasi eHDW akan beralih menjadi berbasis website, dan KPM akan dibantu seorang admin.

Sementara itu Nurokhmah selaku Koordinator KPM se Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes menyampaikan bahwa aplikasi eHDW tiga bulan terakhir sudah tidak aktif lagi, nanti akan diarahkan ke website. katanya

Dikutip dari ciptadesa.com - Aplikasi ini sebagai upaya dalam penanganan stunting mulai dari perencanaan, pelaksanaan serta pengendalian (monitoring dan evaluasi).

Dimana penanganan stunting telah ditetapkan sebagai salah satu isu sekaligus program prioritas masional pada RPJMN 2015-2019 berlanjut dalam RPJMN 2020-2024. dengan target penurunan prevalensi stunting dari 24,4% pada 2021 menjadi 14% pada 2024.

Ada penambahan kelompok sasaran layanan baru dalam pencegahan stunting yaitu remaja putri serta calon pengantin dan pasangan usia subur.

Mengingat pentingnya aplikasi sebagai alat input data yang efektif, pengembangan terus dilakukan agar kinerja KPM lebih baik lagi