Pemdes Cenang Mulai Garap Infrastruktur

  • May 19, 2023
  • Sucen

Cenang, (cenang.desa.id) - Dua tahun berlalu semenjak pandemi pembangunan fisik tidak mendapat perhatian. kini pandemi berlalu melalui Rencana Kerja Pemerintah Desa dengan Musyawarah Desa, Pemdes Cenang Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes mulai lirik kondisi infrastruktur Desa.

Sesuai dengan permendes nomor 8 tahun 2022 tentang prioritas penggunaan Dana Desa dan peraturan Bupati nomor 98 Tahun 2022 tentang teknis penggunaan Dana Desa, bahwa penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk Penanggulangan Kmiskinan Ekstrem, Penanganan Stunting, Pemulihan Ekonomi melalui Badan Usaha milik Desa dan Ketahanan Pangan Hewani dan Hayati.

Pemdes Cenang mencanangkan dan menganggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2023 untuk program nasional dan Daerah diantaranya Sub Bidang Pendidikan untuk Dewasa Tidak Sekolah, Pembangunan Infrastruktur Jalan Lingkungan dan Jalan Usaha Tani serta Jembatan penunjang Program Ketahanan Pangan.

melalui Dana Desa Jalan Usaha Tani sepanjang 2,5 Km diperkeras sedang Jalan Lingkungan yang mengarah ke Sawah dilaksanakan Pengaspalan. kegiatan ini semata demi menunjang mobilisasi warga saat pasca panen, agar kelancaran distribusi hasil panen bisa lebih lancar. kini giliran Jalan lingkungan sekaligus JUT di Wilayah RW.06 Dukuh Wijahan Desa Cenang Kecamatan Songgom-Brebes sepanjang 220 Meter dilaksanakan pengaspalan.

Kepala Desa Cenang Junedi mengatakan saatnya pemdes benahi infrastruktur Desa. terlebih Jalan Usaha Tani, sebagai akses utama para petani dalam mengolah sawah, infrastruktur yang baik akan memperlancar mobilisasi warga tani saat pasca panen. 

" Jalan Lingkungan dan Jalan Usaha Tani mulai kami garap tahun ini dan kemarin." ujar Kades Junedi

Sementara itu Taruno salah satu warga RW.06 merasa senang jalan didepan rumahnya tahun ini digarap

" Ya alhamdulillah akhirnya jalan didepan rumah digarap juga." tutur Taruno

menurut Taruno, jalan ini sudah lama diusulkan pasalnya jalan yang mengarah kesawah ini becek saat diguyur hujan. jalan ini juga akses utama para petani diwilayah lingkungan tempat tinggal saya. imbuhnya