Peran Desa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Kesehatan di Desa

  • Jul 20, 2023
  • Sucen

Cenang, (cenang.desa.id) - Peran Desa dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan di desa menjadi penting. Kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa bisa dijadikan acuan dalam mencari solusi terkait hasil survey mawas diri

Kepala Desa Cenang Junedi menyampaikan agar para kader kesehatan desa bisa mengikuti dan melaksanakan tugas dengan baik.

" musyawarah masyarakat desa bidang kesehatan sangat membantu memberikan data terkait kesehatan." kata Kades Junedi pada acara MMD, kamis (20/07/2023).

Kepala Puskesmas Jatitokeh Songgom-Brebes melalui Koordinator Program Kesehatan Muhammad Muftiadi menyampaikan 

" sehat itu mahkota yang tidak kelihatan. " kata Muftiadi

Sehat bukan segalanya, namun dengan sehat kita bisa melakukan segalanya. Imbuhnya

Survey Mawas Diri (SMD) yang sudah dilaksanakan ada 21 Kepala Keluarga yang diambil sampel nanti mewakili warga masyarakat desa cenang. terang Muftiadi

Dari 21 KK dijumpai ada 15 KK memiliki perilaku sehat yang rendah, 4 KK belum mempunyai pembuangan sampah yang tertutup, 2 KK belum memiliki JKN, 1 KK belum melakukan vaksinasi covid 19, 3 KK yang tidak membawa balitanya ke posyandu secara rutin, 7 KK masih konsumsi garam kasar dan 17 KK remaja putrinya tidak konsumsi tablet tambah darah rutin. paparnya

Data tersebut diambil dari beberapa RT saja tentu hasil survey ini bisa dijadikan sebagai acuan perlaku warga masyarakat desa.

Tablet tambah darah itu penting untuk mencegah stunting nantinya. Tandas Muftiadi

Ammah Musthofiyah, selaku Kepala Puskesmas menambahkan bahwa survey mawas diri merupakan kegiatan pengambilan sumber data dari warga masyarakat dengan tujuan untuk menemukan masalah dan potensinya. katanya

Bahwa ditemui masih ada warga yang pola hidupnya belum sesuai dengan pola hidup sehat. Seperti merokok, konsumsi garam tidak beryodium dan remaja putrinya belum mengkonsumsi tablet tambah darah secara rutin ini potensi stunting bermula dari sana.

Pola remaja putri dengan korelasi gaya hidup ingin langsing dan sebagainya yang memicu kurangnya asupan gizi pada para remaja putri sehingga nanti generasi penerus bisa beresiko stunting.

Harapannya bukan hanya pihak puskesmas yang mensosialisasikan program kesehatan melainkan pihak desa juga harus bisa berperan aktif.

Musyawarah Masyarakat Desa sebagai upaya identifikasi dan menyelesaikan permasalahan yang ada di desa