Sosok | Sugeng Sekdes Inspiratif

  • Apr 22, 2023
  • Sucen

Pelatihan Jurnalis Warga Desa Cenang Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes sukses dilaksanakan Rabu (12/04/2023).

Diikuti karang taruna Desa Cenang, tidak hanya sampai pada pelatihan saja, tapi dibuatkan group mentoring menulis bagi peserta yang diharapkan akan membimbing para peserta sampai pada memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam penulisan.

Hal yang menjadi impian Sugeng Sekretaris Desa dalam pengantar pelatihan adalah nantinya peserta menjadi Jurnalis Warga Desa sebagai kontributor website desa.

Ini bukan tanpa alasan karena Desa Cenang menjadi salah satu desa piloting untuk menuju Desa Digital, maka keterlibatan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat bidang digital menjadi penting.

Hal yang menarik adalah muncul banyak apresiasi positif dari peserta tentang sosok Sekdes yang inspiratif ini.

Sosok Sugeng Cenang yang biasa dipanggil Suceng adalah sosok yang banyak mengambil hati masyarakat dan pemuda.

Hal ini menjadi penting, bahwa sebagai bagian dari fasilitas layana publik memang harus memiliki SDM dan tokoh kunci yang bisa menghipnotis masyarakat untuk sinergy bersama membangun desa, sehingga keterlibatan masyarakat menjadi nyata dalam prmbangunan.

Salah satu peserta pelatihan Soleh bahkan menuliskan dalam sebuah narasi tulisan dengan judul : Inilah Sosok Sekertaris Desa Cenang Yang Banyak Diidolakan.

Soleh dalam tulisannya menjabarkan bahwa Suceng itu sosok inspiratif, Sekdes yang memiliki kemampuan menghipnotis warga, bukan hanya karena postur tubuh yang seperti anggota dewan, tapi kinerja dan kiprahnya yang tidak bisa diragukan.

Nama lengkap Sugeng Mulyanto, mengawali karir di pemerintahan desa sebagai Polisi Desa, putra Cenang asli ini memiliki kecerdasan dan jiwa tangguh yang selalu responsif pada tantangan perubahan sehingga wajar kalau saat ini menempati posisi sebagai Sekretaris Desa.

Sepanjang perjalanan karirnya sosok Suceng menjadi sosok yang banyak mengambil hati masyarakat, warga banyak menyukai gaya dan cara kerjanya dalam memberikan layanan masyarakat, memberikan edukasi dan trobosan ide kreatif membangun desa.

Cardi warga lain juga membenarkan terkait sosok Sekdes Inspiratif ini, " Pak Carik itu ya jiwa kepemimpinan, sederhana dan ramah, jadi kita sebagai anggota karang taruna merasa diberi ruang untuk berkontribusi pada pembangunan desa " katanya.

Bahrul Ulum tokoh pemberdayaan Kabupaten Brebes, menegaskan Suceng itu pemuda yang langka, prmbelajar sejati dan selalu tanggap dan update dengan perkembangan zaman.

" Selalu memiliki semangat belajar dan siap terima tantangan, selain sebagai Sekdes ia juga terbranding dengan TV Desa Kabupaten, Panitia Pembangunan Ponpes Assalafiyah 4, Anggota Kompasianer Brebes aktif dari Cenang " jelasnya.

Bukan cuma itu, carik ini pernah belajar ilmu olah pikir, tehnik komunikasi hipnotis, bagaimana berbicara yang menghipnotis di sekolah hipnotisnya Aziz Ketuanya Kompasianer Brebes.

" Bedanya nggak suka pamer hipnotis dan hanya digunakan dalam komunikasi untuk menunjang karir dan komunikasi " tegasnya.