Waspada! Efek Kemarau Panjang Ketersediaan Air Tanah Makin Menipis

  • Sep 12, 2023
  • Sucen

Cenang(cenang.desa.id) - Terhitung sejak juni 2023 musim kemarau melanda wilayah Indonesia kondisi ini membuat sejumlah daerah mengalami kekeringan hingga kekurangan air bersih. di Wilayah Kabupaten Brebes sebagian wilayah Brebes selatan sudah kekurangan air bersih sehingga Pemerintah Daerah harus turun tangan menyediakan bantuan air bersih. Kondisi ini diperparah dengan isu iklim ekstrim el nino, memang belakangan cuaca begitu terik ada di kisaran rata rata 33 derajat celcius.

tentu ini mengkhawatirkan, untuk itu Pemerintah Desa Cenang melalui Kepala Desanya Junedi menghimbau agar warga desa cenang bijak dalam menggunakan air bersih. mengingat daerah lain sekarang ada yang sudah mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih.

baru saja Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Brebes atas permintaan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) menyumbangkan air bersih kepada warga desa di kecamatan tanjung sebanyak 20 unit tengki mobil. 

bantuan tersebut diketahui sebagai upaya kepedulian agar warga yang mengalami kekurangan air bersih bisa terbantu.

sementara itu prakiraan cuaca menurut BMKG hari ini di Desa Cenang Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes berada di 29 derajat celcius, selasa (12/09/2023) cerah, kelembaban diangka 62 persen, presipitasi awan terhadap pengaruh suhu 1 persen sedang kecepatan angin 10 Km/Jam. berdasarkan pantauan cuaca panas akan naik hingga 34 derajat celsius pada hari rabu dan kamis besok.

kepada warga masyarakat desa cenang hendaknya tetap jaga kesehatan dengan perbanyak minum air putih, bila bepergian gunakan pakaian tahan terhadap panas dan angin. kekeringan juga memicu banyaknya debu maka disarankan menggunakan masker saat berkendara gunakan kacamata jika diperlukan dan jangan lupa memakai helm.

gunakan air secukupnya agar ketersediaan air bersih bisa lebih lama.

 

sumber gambar : pexels